Jumat, 16 Maret 2012

Usaha Kita


 Kepulauan Natuna jadi sentra produksi ikan




            ikan yang diimpor keluar Negri

       Didaerah kabupaten Natuna mempunyai potensi yang besar. bisa jadikan sentra perikanan di kawasan Barat Indonesia dan bisa menjual ke Asia Barat. Kawasan Asia Barat, selama ini banyak mengambil pasokan ikan dari Bangkok dan Filipina. Untuk menjual hasil ikan ke Asia Barat  juga bisa dilakukan Kepulauan Natuna dengan dijadikannya sebagai sentra produksi perikanan, mengingat potensi perikanan Natuna sangat berlimpah.
     Wilayah Kepulauan Riau, tambahnya, memiliki kawasan laut sebesar 90% namun selama ini hasil lautnya belum digarap secara maksimal, termasuk pencurian ikan oleh pihak lain. "Kita harusnya malu, karena kita masih mengimpor ikan padahal kawasan laut kita 90%," bisa dijadikan sentra perikanan setingkat Kepulauan Hawaii milik Amerika Serikat. "Levelnya seperti Hawaii, kami mau seperti itu," KBI sendiri berencana akan mendorong perkreditan sektor perikanan di kawasan Natuna dan Anambas dengan pembukaan Bank Perkreditan Rakyat (BPR).
       Dia juga meminta pemerintah mulai untuk memikirkan pengembangan Kepulauan Natuna menjadi sentra perikanan mengingat selama ini kebutuhan konsumsi ikan sebagian besar masih diimpor. (iswahyudi-saputra.blogspot.com )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar