Jumat, 15 Juni 2012

Budi Daya Lobster


BUDIDAYA LOBSTER DI TUAPAYA



 
Saleh Fauzi (45), Salah satu warga km.25 Desa Tuapaya mencoba membudidaya udang Lobster. Fauzi sehari-hari bekerja di ternak ayam km.20. Ia membudidaya lobster ini hanya usaha sampingan ketika tidak bekerja yaitu pada hari Minggu. Usaha budidaya Lobster ini baru digeluti sekitar 3 bulan yang lalu.
Lobster ini pertama kali dibeli di Kijang dengan harga Rp.120.000,00/kilo, dan waktu itu ia beli 7 ekor dengan harga Rp.840.000, untuk modal bibit pertama. Itulah modal pertama membeli Udang Lobster ini. Namun sekitar 3 bulan ini Lobster yang 7 ekor tadi sudah menetas menjadi 2000 ekor lebih bibit lobster.
Fauzi ini mengungkapkan bahwa memelihara Lobster ini tidaklah serumit memelihara Ikan Lele. Kemudahan dalam memelihara Lobster ini ternyata banyak sekali. Selain mudah, Lobster ini juga sangat menguntungkan. Karena semakin besar Lobster maka semakin tinggi harganya. Makanan Lobster ini sangat mudah dicari yaitu : nasi, sayur-sayuran.  Lobster yang baru berumur 2 bulan sudah bisa dijual dengan harga Rp.3000/ ekor untuk pembibitan. Apabila Lobster sudah mencapai 8 bulan dan besarnya sudah sekitar 6-7 inci, maka Lobster ini sudah siap dijual dengan harga Rp.120.000/kilo dan siap dikonsumsi.
Untuk saat ini Fauzi belum bisa menjual Lobster untuk dikonsumsi, karena masih baru. Namun apabila ada yang berminat ingin mengembangkan Lobster ini, bisa langsung membeli bibitnya dengan harga Rp.3000,00 / ekor. Untuk saat ini, yang menjadi kendala dalam membudidayakan Lobster ini yaitu masalah dana. Karena membuat beberapa kolam untuk Lobster ini sangat memerlukan banyak biaya, Ungkapnya.”.


                                                                                             Penulis : Supatmiati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar