Jumat, 15 Juni 2012

Tempat wisata


Tempat Wisata yang ada di kepri.



Tanjungpinang (Marlisa). Pulau Penyengat adalah salah satu pulau yang paling banyak tempat bersejarah menyimpan kekayaan budaya dan sejarah  ditetapkan sebagai destinasi baru objek wisata di Provinsi Kepri. Namun apakah pulau yang bisa ditempuh 10 menit dari Kota Gurindam ini sudah siap untuk menjamu wisatawan?
Melihat dari dekat kondisi Pulau Penyegat ada keprihatinan mengusik hati. Salah satunya, adanya ketersedian fasilitas dan infrastruktu yang masih kurang memadai, seperti tempat penginapan yang belum ada, sarana transportasi yang seadanya serta sarana jalan yang belum layak.
Belum lagi perawatan sejumlah benda-benda peninggalan sejarah, seperti  Masjid Raya Sultan Penyengat, Benteng Bukit Kursi, Benteng Bukit Penggawa, Gedung Mesiu, Makam Raja Haji Fisabilillah, Makam Tengku Halimah, Makam Raja Jaafar, Istana kantor, Balai Adat, Sumur Puteri, serta yang lainnya.
Begitu juga peninggalan seni dan budaya seperti, kesenian musik Ghazal, Tarian Zapin, pembacaan Gurindam 12. Semuanya perlu kesiapan dari Pemerintah Daerah untuk  menjaga dan melestarikan kekayaan sejarah dan budaya yang sudah berumur ratusan tahun ini. Diperlukan penataan kembali agar wisatawan yang berkunjung menemukan kepuasan sehingga mereka terkesan dan ingin kembali ke penyengat. Akan tetapi sngat menarik dalam berwisatawan di pulau penyengat ini banyak sekali pengunjung yang datang berduyun-duyun untuk mengunjungi pulau ini (*).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar