Jumat, 15 Juni 2012

Tips Menjaga Usus

5 tips menjaga usus kita………  
Apa yang Anda konsumsi adalah apa yang Anda dapatkan, mungkin itu adalah pernyataan yang sangat tepat untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. 
Sadarkah anda didalam usus ada plak kotor yang tersisa akibat mengkonsumsi makanan yang tidak sehat? Makanan yang tidak sehat dapat menimbulkan timbunan plak kotor didalam usus sehingga menganggu kesehatan saluran pencernaan Anda. Didalam tubuh, usus memiliki fungsi untuk mengumpulkan sisa makanan, tempat mengabsorsi air dan berbagai mineral, sekaligus sebagai tempat pertumbuhan bakteri. Bila fungsi usus tidak seimbang efeknya akan menimbulkan penumpukan racun yang menyebar keseluruh tubuh dan memperbanyak perkembangan bakteri tidak baik, hingga akhirnya menimbulkan berbagai penyakit. 
Maka dari itu, ada baiknya Anda selalu memperhatikan kesehatan usus, diantaranya dengan mengikuti beberapa langkah berikut:
1.      Rajinlah mengonsumsi asupan buah dan sayuran agar nutrisi makanan serat dapat terpenuhi. Serat dapat membantu menghindari iritasi pada usus dan menghindari terbentuknya plak kotor pada usus, juga mengurangi resiko kanker kolon.
2.      Hindari makanan yang mengandung zat pengawet, zat pewarna, penyedap makanan dan makanan yang mengandung bahan kimia lainnya seperti makanan kaleng.
3.     Perbanyak minum air putih untuk membantu proses detoksifikasi usus dan proses pencernaan makanan sehingga sari pati makanan dapat tersalurkan dengan optimal oleh usus keseluruhan tubuh.
4.      Hindari dan kurangi konsumsi makanan junk-food karena dapat memberatkan aktifitas pencernaan dan menghambat proses penyaluran sari pati makanan contohnya gorengan, burger dll.
5.      Hindari tidur apabila Anda baru saja mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. 
(kusniati)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar